Tipe Tipe Zone Records Pada DNS Server

Tipe Tipe Zone Records Pada DNS Server

urbandistro – Pembahasan kali ini akan saya berikan tentang Zone Records Pada DNS, apa sih zone records itu? Nah zone records itu biasanya dijumpai pada saat konfigurasi DNS yang gunanya untuk mengidentifikasikan si DNS tersesbut. Ada berbagai macam tipe zone records pada DNS seperti address atau di singkat (A), Cononical Name (CNAME), Pointer (PTR, Name Server (NS), Mail eXchanger (MX). Dan lainnya.

DNS Server

DNS Server

Yang sering konfigurasi server apalagi berbasis linux pasti tidak asing dengan tipe zone records tersebut.

Nah semua itu berguna untuk menyimpan file konfigurasi pada DNS tersebut. Untuk mengenal Tipe Zone Records tersebut berikut penjelasan detail nya :

1. Address (A)

Ini biasanya di gunakan sebagai host dalam pemetaan IP statis untuk sebuah nama domain pada web server dan biasanya ikuti dengan “www” . ini biasanya sering di praktikin ketika kita ingin membuat suatu DNS server pada mesin linux yang telah kita install. Pada konfigurasi A format konfigurasi sederhana nya yang di tulis dalam file konfigurasi adalah sebagai berikut :
www     IN     A     192.168.1.1

2.  Mail eXchanger (MX)

MX biasanya kita gunakan untuk memetakan alamat domain yang di arahkan pada sebuah mail server.  Dalam melindungi proses lalu lintas yang terjadi pada data mail, MX mempunyai nilai prioritas dalam bilangan numeric. Sebagai contoh

Konfigurasi yang kita lakukan misalnya adalah

IN           MX         10           mxl.urbandistro.com.

Pada nilai 10 yang di berikan pada konfigurasi MX maka jika nilai 10 tersebut adalah nilai yang terendah maka akan di prioritaskan pengaksesan nya pertama kali dalam pengecekan ketersediaan sumber daya pada MX tersebut

3. Canonical Name (CNAME)

CNAME ini bisa di definisikan sebagai nama alias untuk sebuah domain. sehingga dapat dijadikan solusi dimana pada mesin server yang sama mempunyai dua nama host yang berbeda.

Dalam format penulisan nya sebagai berikut :

Mail     IN     CNAME     mxl.urbandistro.com.

4. Name Server (NS)

NS ini sangat penting dalam penamaat suatu domain dan sebagai alamat dimana domain tersebut di letakkan. paling banyak kamu lihat saat kamu menggunakan domain yang ingin di sinkorn kan dengan suatu hosting pasti NS hosting harus di letakkan pada domain bersangkutan.

Pada dasarnya konfigurasi, NS dibuat tidak hanya satu bisa saja 2 atau bahkan 4 tergantung berapa banyak NS yang akan di cantumkan, gunanya mencantukan lebih dari 1 NS adalah sebagai backup apabila NS pertama mengalami masalah

jika di terapkan pada pembuatan DNS server  di Linux contoh konfigurasi nya sebagai berikut :
IN     NS     dns.urbandistro.com.

5. Pointer (PTR)

PTR ini sering digunakan untuk memetakan alamt IP ke nama host (reverse domain name server) ini kebalikan dari A (address).
format  konfigurasinya :
192.168.1.1     IN     PTR     www.urbandistro.com.

Itulah Tipe Tipe Zone Records Pada DNS Server yang sering kali kita gunakan untuk konfigurasi DNS pada server yang berbasis linux.

Sekian dari saya semoga bermanfaat. Jika kamu suka dengan artikle ini jangan lupa share keteman teman kamu yah

Baca juga artikel lain : Cara Membuat DNS Server dengan BIND9 Di Ubuntu 12.04

ARTIKEL : Tipe Tipe Zone Records Pada DNS Server

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply