Thursday 24th May 2018

Solusi Untuk Memanfaatkan Koneksi Fiber Optik Via Port Ethernet

Solusi Untuk Memanfaatkan Koneksi Fiber Optik Via Port Ethernet

urbandistro.com – Pada dasarnya koneksi tercepat pada saat ini untuk menghubungkan network adalah media dari Fiber Optik.

Ada ketika pada suatu network kita membutuhkan koneksi fiber optik dimana fiber optik ini hanya sebagai backbone yang bisa terhubung dengan end device yang tidak memiliki port fiber optic (SFP) seperti Komputer,IP Cam dan lain nya.

Untuk itu kita perlu solusi agar fiber optik bisa terhubung dengan end device yang memiliki port Ethernet. atau bisa juga di lihat topology simpel di bawah ini.

Topology conferter fiber optik

Jadi solusi yang bisa di lakukan adalah dengan perantara Converter Fiber Optik To Ethernet.saat ini banyak di jual kok di pasaran dengan berbagai type dan merk.

Simak juga : Jenis Jenis Konektor Patch Cord Fiber Optic

Nah pada saat seperti apa kita membutuhkan converter Fiber Optik To Ethertnet ?

Jadi pada umumnya banyak hal yang menyebabkan kita harus menggunakan conferer fiber optik tersebut, seperti keadaan jarak antara backbone dengan end device terlalu jauh atau melebihi jarak 100 Meter.

Pada dasarnya Kabel UTP hanya bisa digunakan dengan jarak maksimum 100 M tetapi lebih baik hanya di gunakan tidak pas dari 100 M.

Jadi dengan demikian untuk mengatasi masalah jarak tersebut, dibutuhkan media yang mampu di hubungkan dengan jarak yang lumayan jauh, media tersebut adalah fiber optik.

Jadi karena pada end device tidak adanya port fiber optik tersebut, dibutuhkan lah converter fiber optik to ethertnet.

Jadi kira kira seperti itu solusi yang bisa di manfaat untuk jarak yang tidak bisa di jangkau kabel UTP.

Jadi banyak case di lapangan yang sering saya jumpain juga, salah satunya untuk menghubungkan IP Cam yang jaraknya ke NVR lumayan jauh.

Tidak mungkin menggunakan media kabel UTP biasa. Maka dibutuhkan lah media fiber optic untuk mengatasi jarak tersebut dengan perantara converter.

Jadi jika teman teman mengalami masalah yang berhubungkan dengan network mungkin saya punya solusi untuk teman teman sekalian.

Jangan sungkan untuk bertanya ya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Simak juga informasi menarik lainnya : INSTALASI ULANG KABEL FO DAN KABEL GPS

ARTIKEL : Solusi Untuk Memanfaatkan Koneksi Fiber Optik Via Port Ethernet

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

  1. azirSeptember 20, 2015 at 4:30 pmReply

    Kalau menggunakan UTP untuk koneksi antara backbone dengan end device hanya sekitar 100 meteran, nah misalkan utp tadi diganti dengan FO seperti yang agan paparkan di atas pertanyaan saya berapa jauh untuk antara backbone dengan end device dengan menggunakan FO ?

    • Author

      adminOctober 6, 2015 at 1:38 amReply

      jika di ganti dengan FO bisa mencapai 500 meter keatas, tergantung dengan lokasi lapangan dan struktur network yang di bangun

  2. WillyMarch 31, 2018 at 6:05 pmReply

    apakah ini bisa kita gunakan juga untuk share wifi to wifi via lan tapi dengan menggunakan kabel fiber optic yg menggunakan converter ini

    • Author

      adminMarch 31, 2018 at 8:01 pmReply

      Bisa gan…

Leave a Reply