Menggunakan MT Syslog Daemon Pada Mikrotik

router mikrotik untuk ISPMenggunakan MT Syslog Daemon Pada Mikrotik

Halo sahabat UrbanDistro.com, kali ini kita kan membahas tentang MT Syslog Daemon. Beberapa orang mungkin kesulitan dengan Log di mikrotik yang terbatas ruang penyimpanannya. Sehingga info tentang mikrotik yang di handle menjadi kurang akurat.

Dari pada bengong di kantor mending saya berbagi ilmu dengan para sahabat yang setia pantengin websitenya anak IT Medan ini. Seperti kata-kata yang saya kutip dari website tetangga “Dari pada membusuk di kepala pengetahuan ini mending di bagi”. Karena saya lihat kemarin teman saya mulai mengeluarkan ilmu mikrotiknya, saya juga gak mau kalah dong.

Nah, mari kita mulai.Download terlebih dahulu MT Syslog Daemon nya dari website resminya Mikrotik Indonesia disini www.mikrotik.co.id/getfile.php?nf=MT_Syslog.exe . Perlu di ketahui bahwa MT Syslog Daemon ini adalah program portable sehingga sangat ringan digunakan dan mudah di jalankan tentunya.
Sekarang mari kita konfigurasi mikrotiknya.

Pertama buka lah winbox untuk melakukan konfigurasi dengan tampilan GUI. Masukkan IP Address Mikrotik berikut username dan password mikrotik anda.

Buka “logging” dari menu “System” –> “Logging”. Perhatikan gambar dibawah ini.

System - logging

Pada tab “Rules” tambahkan rule. Ada beberapa pilah yang bisa kita simpan log nya. Kita ambil contoh kita akan melakukan log “info” mikrotik. Klik tanda tambah, pilih topics “info” dan action “remote”. Perhatikan gambar dibawah ini.

Menambahkan Log Info

Pada Tab “Action” tambahkan rule. Berikan nama sesuai keinginan kita. Disini saya beri nama “RemoteLogInfo” dan pilih remote pada menu “type”. Berikan IP Komputer yang akan menjalanka MT Syslog Daemon ini pada menu “Remote Address”. Pada menu remote port pilih “514” default dari port MT Syslog Daemon. Perhatikan gambar di bawah ini
.Menambahkan rule Action

MT Syslog Daemon yang ada di komputer hanya perlu dijalankan dan tidak perlu ada konfigurasi lainnya. Namun untuk pengguna Advance silahkan di konfigurasi sendiri. Jika semua konfigurasi sudah benar maka di MT Syslog Daemon akan muncul log aktifitas router mikrotik kita seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Log dari MT Syslog Daemon

Baiklah, sampai disini dulu. Semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan silahkan di komeng atau bisa melalui facebook saya di Mhd Hafizullah. Salam UrbanDistro.com.

ARTIKEL : Menggunakan MT Syslog Daemon Pada Mikrotik

, ,

8 thoughts on “Menggunakan MT Syslog Daemon Pada Mikrotik

  1. ini pengetahuan baru nih buat sayah,ini kudu dicoba nih,BTW bener banget Bro,daripada ilmu membusuk di otak mendingan dibagikan siapa tahu bermanfaat iyakan Bro?hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.