Membangun Local Area Network (LAN) Yang Baik Dan Benar

Membangun Local Area Network (LAN) Yang Baik Dan Benar

urbandistro.com – Dalam sebuah Local Area Network atau sering disebut dengan LAN, hal yang paling penting adalah tempat dan jalur yang di pilih.

Karena selain membuat insfrastruktur yang di bangun menjadi aman juga tidak mengurangi nilai estetikanya.

Banyak para teknikal network yang mengabaikan, walau sebenarnya terbilang sepele, apa apa saja sih hal yang harus di perhatikan ? berikut beberapa ulasan untuk membangun local area network (LAN) yang baik dan benar:

1. Survei Jalur Kabel

Survei network insfrastruktur

Untuk membangun sebuah network tidak luput dengan yang namanya kabel baik itu melalui UTP maupun FO (Fiber Optik)  karena sangat menentukan dengan kondisi network yang di bangun.

Untuk survei kabel hal yang harus di perhatikan adalah Jalur kabelnya, Maksudnya jalur kabel yang di lalui aman atau tidak, jika kondisi yang di bangun merupakan areal pabrik perhatikan medan medan nya.

Baca Juga :  Peralatan yang Harus Ada, Jika Kamu Adalah Seorang IT Network Support

Kemudian jalur kabel yang nantinya akan di lalui mudah di maintenance atau tidak, serta jangan sampai kabel yang di lalui mengurai nilai estetika yang ada contohnya di dalam satu rungan kabel tidak boleh terlihat dan lain sebangainya.

2. Gunakan Pipa dan Ducting

Kabel LAN yang menggunakan pipa agar aman dari konduksi listrik

Ini hal yang paling penting dalam membangun local area network (LAN), biasanya kabel kabel yang akan di lalui akan melewati atas platpon, jadi sebaiknya gunakan pipa untuk melapisinya agar aman dari gigitan tikus maupun induksi pada listrik didekatnya.

Jika kabel yang di lalui melewati sela sela dinding, gunakanlah ducting agar lebih rapi dan kondisi kabel tetap menjaga nilai estetika di sekitarnya.

3. Label Lah Kabel Yang Telah Di Tarik

label sebuah local area network

Nah ini merupakan hal yang paling wajib, karena sebuah label pada kabel sangatlah penting karena bisa membantu kita untuk mendata kabel jalur nya kemana mana saja.

Jika kabel LAN yang ditarik terbilang sangat banyak, sebaiknya label lah kabel di saat penarikan agar nantinya memudahkan saat mendata kabel.

4. Cucilah Tangan Disaat Penarikan Kabel

cucilah tangan sebelum installasi kabel LAN

Ini sangat penting walau kedenganrannya sepele, mengapa harus mencuci tangan terlebih dahulu? Iya agar kabel yang di tarik aman dari gigitan tikus,

Ini sering terjadi ketika para technical istirahat dan makan menggunakan tangan, aroma  makanan menempel pada kabel dan itu merangsang penciuman tikus untuk menggigit kabel yang kita tarik.

Apa lagi makanan yang kita makan aromanya menyengat seperti rendang dan nasi padang. Jadi cucilah tangan dengan  bersih sebelum menarik kabel.

5. Buatlah Dokumentasi

dokumentasi jaringan komputer

Local Area Network yang baik dan benar selain dari sisi installasi juga tidak bisa di remehkan dari sisi dokumentasinya.

Ini sangatlah penting agar installasi yang kita lakukan terdata dan ketika ada permasalahan di lain waktu maintenance nya lebih mudah. Jadi Dokumentasi Network itu sangatlah penting untuk di buat.

6. Safety

pergunakan alat safety ketika installasi network

Dan yang terakhir tetap jaga keselamatan, pergunakanlah alat alat safety seperti helm, sepatu safety,body harnest (jika medannya tinggi) dan lain sebagainya jika medan yang akan di installasi terbilang medan yang rawan seperti areal pabrik pergunakanlah safety yang lengkap.

Baca juga artikel menarik lainnya : Menjaga Performa Network Dengan Peremajaan Berkala

ARTIKEL : Membangun Local Area Network (LAN) Yang Baik Dan Benar

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply