Distro Linux Mandriva Hanya Tinggal Kenangan Saja

Posted by: Tags: , Reply

Distro Linux Mandriva Hanya Tinggal Kenangan Saja

urbandistro.com – Masa jaya distro linux Mandriva nampaknya harus berakhir, distro yang sempat menikmati masa masa kejayaan ini pernah merebut perhatian banyak orang. Tapi sayangnya Mandriva telah gagal bertahan dalam menghadapi persaingan untuk menghadapi berbagai distro Linux lain nya.

Distro Linux Mandriva

Layaknya distro linux yang sangat populer saat ini seperti Ubuntu, Linux Mint, Red Had dan distro besar lain nya, pada masa masa kepopulerannya, Mandriva sempat mencuri perhatian para pengguna Linux untuk mencoba dan menikmati kemudahan dari fitur yang di berikan Mandriva seperti Mandriva Control Center.

Simak Juga :  Cara Mengembalikan Grub Linux Mint yang hilang ketika Dual Booting Dengan Windows

Pasti hal ini sangat disayangkan mengingat prestasi gemilang yang sempat ditorehkan Madriva, yakni seperti kerja sama penggunaan Mandriva oleh sekolah-sekolah di Nigeria dengan total 17.000 murid, lalu di Malaysia pun distro ini cukup sukses keberadaannya.

Mandriva telah dilikuidasi per tanggal 20 Mei 2015 lalu yang berarti distro linux ini telah tamat riwayatnya. Tetapi walau begitu kita tetap bisa menikmati Distro Linux mandriva walau tidak akan ada update yang terbaru. kabar dilikuidasi juga bisa dilihat di (http://www.societe.com/societe/mandriva-421223157.html)

Mengingat kembali awal mulanya mandriva di rilis pada 23 Juli 1998, mandriva sendiri di kembangkan berbasis Redhat Linux diversi 5.1 yang di beri nama Venice dan KDE versi 1.0. dan di versi terakhirnya Mandriva merilis versi Mandriva Linux 2010 Spring.

Mengingat perjalanan Mandriva berikut tipak tilas yang di kutip dari Wikipedia :

“Awalnya, distro Mandriva memiliki nama Linux Mandrake, lalu versi 8.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux

Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama ‘Mandrake the Magician’.

Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil, sehingga menjadi satu kata. Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux, demikian pula logonya.

Pada bulan April 2005 Mandrakesoft mengakuisisi Conectiva, sebuah perusahaan Brasil yang menghasilkan distribusi linux berbahasa Portugis (Brasil) dan Spanyol di Amerika Latin.

Akibat akuisisi ini dan sengketa hukum dengan Hearst Corporation, Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaan menjadi Mandriva, dan bahwa Mandriva Linux akan menjadi nama baru bagi produk-produknya”

Simak juga informasi menarik lain nya : 5 Distro Linux Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Aktifitas Hacking

News : Distro Linux Mandriva Hanya Tinggal Kenangan Saja

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply