Cara Simple Membuat Mail Server Dengan Ubuntu 12.04

Cara Simple Membuat Mail Server Dengan Ubuntu 12.04

urbandistro – Tulisan ini di buat berdasarkan hasil peraktek yang sudah pernah di simulasikan/dipraktekkan sebelumnya,maka dari itu saya akan coba untuk mendokumentasikannya kedalam artikelyang sederhana ini.

mail_solution

Jadi untuk pembahasan kali ini akan melanjud dari tutorial sebelumnya jadi sebelum memulai untuk mengikuti artikel ini ikuti dulu artikle sebelumnya karena setiap artikel bersambung,buat dulu “DNS Server” dan kalau sudah di lanjutin dengan pembuatan “Web Server”.

nah saya harap kedua artikel tersebut sudah di pahami agar artikel yang ini bisa di ikuti.Dan saya harap juga kalian juga sudah tau deskripsi apa itu Mail Server dan cara kerjanya cari aja di google banyak kok ,ok langsung saja praktektanya tanpa banyak cuap cuap,langsung login dan masuk saja sebagai mode super user

$sudo su

setelah itu instal paket yang di butuhkan untuk smtp dan pop3 nya

Instal Paket Mail Server

Kemudian enter,nanti bakal bukul Postfix Configuration, dan tekan OK

2

setelah itu, untuk General type of mail configurationnya pilih Internet Site seperti tampak jelas pada gambar dibawah

3

Kemudian isi System Mailnya dengan nama Master Domain sebagaimana nama ini telah di set waktu konfigurasi DNS server, disini master domain yang saya gunakan adalah urbandistro.net

4

setelah itu konfigurasi untuk instalasinya sudah selesai, lanjud ketahap konfigurasi filenya. Masuk dan edit dengan perintah

#nano /etc/dovecot/conf.d/10-auth.conf  

kemudian hilangkan tanda pagar (#) disable_plaintext_auth = no (ubah dari yes menjadi no ya). klau sudah simpan file konfigurasinya (ctrl+x tekan y enter)

5

Kemudian edit file konfigurasi POP3-nya masuk dengan menggunakan perintah

  #nano /etc/dovecot/conf.d/20-pop3.conf  

kemudian cari  pop3_uidl_format = %08Xu%08Xv    dan hilangkan tanda pagarnya (#)  kalaw sudah simpan dan keluar

6

kemudian edit lagi file 10-mail.conf dengan perintah

#nano /etc/dovecot/conf.d/10-mail.conf        

cari mail_location seperti yang telah di tandai pada gambar di bawah ini hilang juga tanda pagarnya (#) atau uncomentnya. kalaw sudah simpan dan keluar.

7

Nah file konfigurasinya telah di ubah sedikit, dengan itu Mail Server nya telah jadi atau dengan kata lain telah selesai untuk konfigurasi servernya, Simple kan 😀 ? untuk itu kita akan test berkirim email.

untuk testing nya saya akan menggunakan mail client seperti Outlook dan Thunderbird, sebelumnya saya juga telah mengcreate 1 user lagi. jadi setiap user yang ada, itu secara otomatis akan menjadi account untuk mail yang telah di buat. ok saya akan konfigurasi mail client di Outlook dulu.

di Outlook ini nantinya akan di gunakan oleh user “Imam”.

buka Outlook dan Add New Email Account. Centang tanda Manually Configure dan klik Next

8

kemudian pilih Internet E-mail seperti gambar di bawah ini 😀

9

setelah itu isi data data yang di perlukan, sesuaikan dengan yang ada di mail servernya, incoming dan outgoingnya gunakan master domainnya sebagaimana telah di setting di Konfigurasi DNS Server

Kemudian untuk usernya sesuaikan dengan yang di creat sebelumnya passwordnya juga jangan lupa.

10

kalau data sudah di isi sesuai dan benar maka ada baiknya kita test terlebih dahulu.untuk test data yang di masukkan itu uda benar apa blum pilih Test Account Setting. jika kedua nya tanda centang maka data yang di masukkan itu sesuai dan account siap untuk kirim mengirim email, namun jika tanda silang cek terlebih dahulu kemungkinan server tidak singron dan cek juga datanya sudah benar apa belum.

11

nah untuk di Outlooknya sudah selesai sekarang saya akan konfigurasi di Thunderbirdnya supaya nanti akun yang ada di Outlook bisa bertukar email dengan akun yang ada di Thunderbird.

buka Thunderbirdnya, dan klik Create New account, isi data user sesuai kan passwordnya dan master domainnya apa.kemudian klik continue

12

setelah itu pilih Manual Config,

13

nanti akan muncul, nanti kita akan pakai POP3 saja bukan IMAP, isi sesuai data pada gambar di bawah

14

kemudian, pilih Advanced Config,kalau sudah saya akan coba mengirim email ke accound imam@urbandistro.net yang ada di Outlook

15

dan ketika saya membuka Outlook, ehhh rupanya ada email yang masuk dari zulah@urbandistro.net

16

Nah Begitulah kira kira simulasi untuk membuat mail server, simple mudah gampang kan….

ok bagi yang mencobanya semoga berhasil, dan jika ada yang tidah paham, langsung tnggalkan jejek di bawah ini… :thumbup

Supaya Simulasi ini berhasil ada beberapa point yang mesti di jalankan terlebih dahulu kalian harus membuat ((secara berurutan) :

ARTIKEL : Cara Simple Membuat Mail Server Dengan Ubuntu 12.04

, ,

9 thoughts on “Cara Simple Membuat Mail Server Dengan Ubuntu 12.04

  1. Iya ni Mas ndop, Sebetulnya sebagai catatn juga bagi saya, supaya apa yang uda saya pelajari gk lupa..jadi semua yang uda di pelajari tak tulis dah dio Blog personal ini..

    :Yb

  2. Bang admin, saya sudah mengikuti langkah – langkah anda dari awal sampai akhir, dari DNS server pun juga gan, akan tetapi pada mail server, anda kurang menjelaskan detail gan, user dibuat dari mana gk jelas juga, apa kegunaan masing masing perintah dan syntaxnya juga gan. Hsil dari yang saya coba semua GAGAL TOTAL gan!

    1. itu untuk usernya sendiri , ketika kita login dengan sebuah nama user, otomatis nama user yang di jadikan login unutk masuk ke mesin lnux nya akan menjadi user di mail server yang kita buat, contoh ketika kita login untuk masuk ke sistem linux nya dengan user ujang dan domain mail server yang di creat misalkan adalah urbandistro nah otomatis alamat mail si ujang tersebut adalah ujang@urbandistro.com, untuk passwordnya sama password dari mail si ujang adalah password ketika akan masuk ke sistem linux dengan user ujang.

      untuk masing masing syntaxnya bisa riview sendiri mas di linux basic karena di sini memang tidak di jelaskan kegunaan syntax tersebut karena akan terlalu panjang, dan untuk artikel ini saya buat dan saya praktekin dulu baru di curahkan ke dalam sebuah artikel dan berhasil di mesin linux saya…coba cek dulu di sisi mas jika ada sesuatu yg tidak mengerti bisa tanya mas

      trims sudah berkunjung 🙂

  3. selamat malam pak Khiril Imam
    Maaf nih baru baca Tutorialnya…. saya sudah ikut step by stepnya Pak…
    Sekalian menyambung pertanyaan Pak Leonardo mengenai penambahan user email, soalnya sy coba ga berhasil pak…. kemudian ada tidak pak semacaram posfix administratornya yang artinya kita bisa menambahkan atau menghapus user2 yang tidak diperlukan dalam data base emailnya, mengatur jumlah quota peruser dan lain-lain….
    sebelumnya sy minta maaf klo terlalu banyak bertanya….
    Sekali lagi terima kasih

    Suherman. N

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.