Belajar Jaringan Komputer–Mengenal OSI Layer

Belajar Jaringan Komputer–Mengenal OSI Layer

urbandistro.com – Sebelum nya kita telah membahas tentang teori dasar dari jaringan komputer, tahap selanjudnya adalah kita akan membahas tentang OSI layer,

pengertian dari 7 OSI Layer

Dimana OSI layer ini tidak dapat di pisahkan dalam jaringan komputer, OSI layer ini berkaitan dengan jalannya komunikasi didalam jaringan komputer,

Layak nya manusia dalam berkomunikasi menggunakan bahasa yang di mengerti  agar pertukaran informasi bisa terjalin dengan baik.

Nah begitu pula dengan jaringan komputer, agar host yang saling berkomunikasi bisa terjalin degan baik dibutuhkan bahasa yang sama.

Yah walau dengan merek host yang berbeda beda, host tersebut masi dapat berkomunikasi dengan host yang lain karenan menggunakan standart komunikasi yang sama, di sebut juga dengan TCP/IP.

Nah standart komunikasi sagant erat hubungan nya dengan OSI layer itu mengapa OSI layer sangatlah penting di dalam jaringan komputer.

Sebenarnya apa sih OSI layer itu? OSI Layer atau singkatan dari Open System Interconnection merupakan standarisasi protocol pada jaringan komputer.

OSI Layer memiliki 7 Layer , dan setiap layernya memiliki fungsi yang berbeda beda, apa saja 7 layer tersebut? berikut adalah 7 OSI layer :

7 osi layer

Layer 7 : Application Layer
Merupakan layer dimana terjadi interaksi antarmuka end user dengan aplikasi yang bekerja menggunakan fungsionalitas jaringan,

melakukan pengaturan bagaimana aplikasi bekerja menggunakan resource jaringan, untuk kemudian memberika pesan ketika terjadi kesalahan.

Beberapa service dan protokol yang berada di layer ini misalnya HTTP, FTP, SMTP, dll.

Layer 6 : Presentation Layer     
Layer ini bekerja dengan mentranslasikan format data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi melalui jaringan,

ke dalam format yang bisa ditransmisikan oleh jaringan. Pada layer ini juga data akan di-enkripsi atau di-deskripsi.

Layer 5 : Session Layer
Session layer akan mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Di layer ini ada protocol Name Recognition,NFS & SMB.

Layer 4 : Transport Layer
Layer ini akan melakukan pemecahan data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut pada paket-paket data tersebut sehingga dapat disusun kembali  ketika sudah sampai pada sisi tujuan.

Selain itu, pada layer ini, akan menentukan protokol yang akan digunakan untuk mentransmisi data, misalkan protokol TCP.

Protokol ini akan mengirimkan paket data, sekaligus akan memastikan bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang atau rusak di tengah jalan.

Layer 3 : Network Layer
Network layer akan membuat header untuk paket-paket yang berisi informasi IP, baik IP pengirim data maupun IP tujuan data. Pada kondisi tertentu,

layer ini juga akan melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

Layer 2 : Data-link Layer   
Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control,

pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi.

Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).

Layer 1 : Physical Layer
Layer Physcal berkerja dengan mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring),

topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

Itu lah ke 7 OSI layer yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda beda tapi saling berhubungan, untuk menjadi seorang IT Network pengetahunan ke 7 OSI layer ini sangat lah wajib,

Karena dengan begitu kita mengetahui proses dari komunikasi suatu jaringan, dan sangat berguna ketika melakukan maintenance pada jaringan komputer.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat.

Sumber : Mikrotik.co.id

Simak juga informasi menarik lainnya : Teman Di Kontak BBM Yang Tak Tertandingi Keren Nya

ARTIKEL : Belajar Jaringan Komputer–Mengenal OSI Layer

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply